Ketemu teman kuliah di seminar Fashion - 2019


Tanggal 22 Juni 2019 yang lalu, aku mengikuti seminar fashion branding & costing yang diselenggarakan oleh Ibu Aryani Widagdo. So happy ternyata disana ada teman-temanku semasa kuliah juga hadir sebagai pesarta seminar.

Rani dan Tiya, salah dua sahabatku saat kuliah di UNESA Surabaya. Tiya yang dulu sering banget nolongin aku di mata kuliah agama specialy menulis arab hahaha dan Rani yang dulu satu kelas di prodi Fashion Design kita sering banget sama-sama.

Tentang seminarnya, kita diajari menghitung dan menentukan  biaya produksi yang profitable untuk produk fashion yang kita produksi. Jadi lebih ke mass production. Ternyata cara menghitung harga untuk mass production dan custom production itu berbeda. Untuk mass production kita harus menentukan dulu harga jual dan mark up nya baru menentukan material dan biaya jahitnya. Jadi, biaya material dan biaya jahit tidah boleh lebih besar dari HPP agar target mark up tercapai.

Selain itu, kita belajar membuat portfolio semacam rencana dalam memproduksi mass fashion tersebut. Isinya antara lain, arti dari brand kita, kenapa kita membuat brand tersebut, apa konsepnya, siapa target marketnya, core product-nya seperti apa, kompetitornya siapa, pembelian/produksi kainnya dari mana, analisis SWOT, brand mapping, dan lain-lain.

Alhamdulillah seminar dalam waktu yang singkat tersebut InsyaAllah banyak ilmu yang di dapatkan. Dan seneng juga bertemu lagi dengan sahabat lama yang disaat biasa kita tidak bisa bertemu langsung karena kesibukan masing-masing. Semoga di lain waktu dapat berjumpa kembali.



-Saga-


Comments

Popular posts from this blog

Fashion Show SHIBORI 2019

From friend for me!

BAZAR-BAZAR SHIBORI