DIRGAHAYU 73th INDONESIA

Hai hai Assalamualaikum..

Entah akhir-akhir ini aku mikir banget, apa sih hal positif yang sudah aku lakukan untuk negara?  Diperkecil deh, apa hal positif yang sudah aku lakukan untuk orang lain? Atau bahkan hal positif apa yang sudah aku lakukan untuk diri sendiri?? Mendadak serius banget gitu.

Pikiran ini terlintas setelah aku menemukan seseorang yaitu Laninka. Walaupun dia difabel tapi dia masih mikirin orang lain gitu, masih mikirin kebahagiaan teman-teman difabelnya juga. Aku mikir... aku juga kalau dibilang difabel ya iya sih karena fisik aku nggak sempurna, mata aku buta sebelah sejak lahir tapi kenapa aku nggak bisa seperti dia? Aku berfikir dan menemukan jawaban bahwa akibat beberapa kali dibully karena cacat fisik sedari kecil membuat aku terlalu nggak PD dengan keadaanku sendiri bahkan sampai sekarang di usiaku yang sudah 30th ini! nggak PD saat orang melihat dan berbicara kepadaku akhirnya kau terlalu takut. Takut tidak diterima dilingkungan, takut berhadapan dengan orang lain, takut berbicara di depan banyak orang, takut dengan komentar orang lain. Dan parahnya kadang aku merasa curiga dengan orang lain, karena beberapa kali memergoki teman yang berbicara dibelakangku tentang ketidaksempurnaan fisikku. Tanpa disadari lama kelamaan keadaan itu menjadikan aku tidak berdamai dengan diri sendiri dan berfikiran sempit, padahal di dunia ini bukan hanya "aku" yang harus dipikirkan. Ada orang lain yang sama atau bahkan lebih tidak sempurna secara fisik daripada aku.

Tanpa sadar aku masih belum merdeka, aku masih terjajah.. terjajah oleh diriku sendiri, terjajah oleh pikiranku sendiri. Jadi merdeka kali ini bagiku adalah terbebas dari pikiran pikiran tersebut diatas. Lebih membuka diri dengan keadaanku. Terus belajar cuek dengan komentar negatif orang lain dan membiasakan bertindak dan berfikir positif. Melawan dan memusnahkan rasa takut, rasa tidak percaya diri, rasa tidak nyaman dan harus bisa lebih berdamai dan mencintai diri sendiri.

Dan aku mohon dengan sangat untuk kalian yang normal secara fisik, jangan bully, mengejek atau apapun kepada yang mempunyai cacat fisik (maupun mental). Kami tidak ingin terlahir seperti ini, tapi mungkin Tuhan menciptakan kami demikian untuk memperingatkan kita untuk saling menghargai, untuk saling menolong dan menghormati perbedaan kita. Yuk jadi hero untuk diri sendiri dan orang lain.

Salam satu INDONESIA


Illustrasi aku dedikasikan untuk kakek aku, seorang pejuang beneran. Juga untuk hero-heronya Indonesia yang dulu ikut berjuang melawan dan mengusir penjajah. Terimakasih, karena jasa kalian Indonesia kita merdeka!


NB: Laninka yang aku sebutkan diatas sedang mengadakan "lipstik untuk difabel". Jika kamu juga ingin menyumbangkan lipstik untuk para perempuan difabel silahkan meluncur ke IG nya Laninka (@heylaninka). Lipstik baruu yaa jangan yang bekas. Thankyou..


SAGA💖

Komentar

  1. Waalaikumsalam...
    Setiap orang memiliki kekurangan kok, dan kelebihan tentunya. Seperti aku, kekurangan duit dan kelebihan berat badan. 😁

    Berdamai dengan keadaan diri sendiri dan mau menerima keadaan orang lain salah satu bentuk kemerdekaan.

    Salam satu Indonesia
    Merdeka

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer